Mengenal Tumor Rahim Yang Terjadi Selama Masa Kehamilan

December 29, 2020 by No Comments

Tumor merupakan sebuah benjolan yang tumbuh karena sel dalam tubuh anda membelah cepat. Hal ini juga dapat disebabkan oleh sel lama dalam tubuh anda yang seharusnya mengalami regenerasi tetap berada dalam tubuh anda dan menghalangi pembentukan sel baru. Tumor dapat terjadi pada siapapun. Dimana tumor paling banyak terjadi pada anda yang suka dengan gaya hidup yang tidak sehat. Dibandingkan dengan kanker, tumor terbilang lebih jinak dan dapat disembuhkan jika melakukan kegiatan perawatan dengan cepat dan tepat.

Salah satu jenis tumor kerap dialami oleh wanita adalah Tumor Rahim. Dimana Tumor Rahim merupakan sebuah tumor yang tumbuh di otot Rahim seorang wanita. Tumor sendiri yang tumbuh dalam otot Rahim wanita berukuran kecil dan dapat tumbuh di dalam atau luar Rahim wanita bahkan rongga Rahim wanita. Tumor Rahim biasanya tidak dirasakan gejalanya pada sebagian besar wanita. Keberadaan tumor ini dapat dideteksi dengan menggunakan USG yang dilakukan. Bahkan dalam beberapa kasus, Tumor Rahim dapat terjadi selama kehamilan berlangsung. Dimana jika hal tersebut terjadi maka membutuhkan tindakan medis untuk menyembuhkannya.

Tumor Rahim mudah terjangkit pada masa kehamilan. Hal ini dikarenakan sistem imunitas ibu hamil biasanya lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak sedang hamil. Dimana hal ini menyebabkan berbagai virus dan bakteri mampu hinggap dalam tubuh anda. Tumor Rahim dapat disebabkan oleh faktor genetic ataupun melalui kondisi hormonal yang naik dan turun selama proses kehamilan berlangsung. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini terjadi ada baiknya selama masa kehamilan anda melakukan check up dan konsultasi kehamilan secara rutin.

Tumor Rahim memang secara tidak langsung tidak menampakkan gejalanya. Namun ada beberapa gejala yang dapat anda rasakan ketika terjangkit Tumor Rahim yakni pendarahan tidak teratur, anemia, sembelit, masalah pencernaan, hingga infeksi saluran kencing. Pada ibu hamil, gejala Tumor Rahim dapat berupa nyeri pada kaki mereka juga dapat terjadi. Jika anda merasakan beberapa gejala seperti yang disebutkan diatas maka ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Tumor Rahim dapat menjangkit siapapun namun lebih spesifiknya jika anda berada di usia 40 tahun keatas, memiliki pola hidup tidak sehat seperti merokok, jarang mengkonsumsi sayuran, banyak mengonsumsi daging hingga faktor berat badan. Faktor genetis dapat ditambahkan sebagai salah satu penyebab ataupun menambah resiko anda mengalami Tumor Rahim. Maka dari itu, menjaga pola hidup sehat anda dan juga konsumsi makanan harian anda menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan.

Jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai artikel seputar Tumor Rahim, maka anda dapat melakukan kunjungan pada laman Orami.co.id dan memilih section pernikahan & seks. Dimana disana ada banyak sekali penjelasan mengenai Tumor Rahim dan beragam artikel lainnya seputar kehidupan pernikahan anda.