Urutan Pangkat Polisi untuk Jenjang Perwira Pertama dan Menengah

March 7, 2021 by No Comments

Kalian ingin menjadi polisi ? tentu saja grade atau tingkatan pangkat polisi ini harus kalian ketahui sebagai salah satu cara kalian lebih memahami akan profesi ini sebelum kalian melanjutkan mendaftar nantinya.

Jenjang yang paling rendah dalam kepangkatan polisi adalah golongan bintara, kemudian ada juga jenang berikutnya yakni dinamakan dengan perwira pertama dan nantinya setelah itu ada menengah dan paling tinggi adalah perwira tinggi yakni dengan pangkat jenderal bintang 4.

Nah sekarang kita bahas yang masuk pada perwira pertama dan menengah apa saja jenis dan tingkatan pangkatnya yuk simak dalam artikel dibawah ini:

Perwira menengah

Komisaris Besar Polisi (KOMBESPOL)

Nah yang pertama adalah ada namanya kombespol dimana ini merupakan tingkat kepangkatan tertinggi dimana berada pada jenjang atau posisi perwira menengah. Sedangkat dalam model pangkat sendiri namanya adalah superintendent.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Kemudian dibawahnya adalagi nih namanya adalah (AKBP) atau singkatan dari ajun komisaris besar polisi dimana ini dari sisi lambang sendiri diberikan tanda dua diamond dengan yang berawarne emas atau gold.

Komisaris Polisi (KOMPOL)

Kemudian yang paling bawah dari jenang ini adalah ada jabatan yang namanya KOMPOL dari sisi kepangkatan sendiri diberikan dengan tanda satu saja diamond dengan warna yang sama.

Urutan Pangkat Polisi Jenjang Perwira Pertama

Oke sekarang kita lanjut untuk urutan dari pangkat polisi pada jenjang perwira pertama ini dimana ada beberapa tingkatan juga sesuai dengan grade mana yang paling tinggi sampai dengan rendah antara lain:

Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Dalam jenjang ini pangkat tertinggi diberi dengan julukan gelar AKP dimana ini akan membawahi dari pangkat pangkat dibawahnya seperti IPTU sampai dengan IPDA atau dengan kata lain lebih senior dari pangkat dibawahnya  termasuk tamtama paling rendah.

Sedangkan dari sisi kepangkatan sendiri ada tanda tiga balok dengan warna emas yang ada pada bagian pundak.

Inspektur Polisi Satu (IPTU)

Kemudian dibawahnya ada gelar IPTU dimana ini sama saja dengan sebutan letnan satu dengan dua lambang balok dengan warna emas  sedangkan yang terakhir ada namanya IPDA atau Inspektur Polisi Dua (IPDA) dimana dari sisi kepangkatan hanya  satu saja balok emasnya.