Doa dan Adab Berbuka Puasa Saat Ramadhan

May 17, 2021 by No Comments

Buka puasa menjadi waktu yang paling ditunggu umat muslim untuk membatalkan puasa yang telah dikerjakan sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Saat jadwal buka puasa dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu. Hal ini adalah kebiasaan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saat beliau berpuasa.

Doa Berbuka Puasa

“Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa ’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”

Artinya, “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Adab Berbuka Puasa Saat Ramadhan

Saat menjalankan ibadah puasa, Nabi Muhammad mengajarkan adab yang hendaknya diamalkan. Tak hanya memberikan keberkahan, namun adab tersebut juga menyempurnakan ibadah puasa dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ada berbuka puasa saat ramadhan sesuai ajaran Nabi Muhammad.

1.    Menyegerakan Berbuka Puasa

Kala Nabi Muhammad berpuasa, maka saat masuk hitungan waktu maghrib, maka Nabi menganjurkan supaya Anda menyegerakan berbuka puasa. Berbukalah segera jika matahari terbenam atau adzan maghrib berkumandang.

 Hal ini karena, saat berbuka puasa akan ada keberkahan dan kebaikan. Selain itu, jika Anda menyegerakan berbuka puasa, maka akan membuat sholat maghrib menjadi lebih khusyuk.

2.    Berbuka dengan Kurma Segar atau Air Putih

Nabi Muhammad biasanya menyegerakan berbuka puasa dengan menggunakan kurma atau air bukan makanan berat. Adapun jenis kurma yang biasa dikonsumsi oleh Nabi Muhammad adalah ruthab atau tamr. Ada baiknya, makanlah kurma sebelum sholat. Jika tidak ada ruthab maka Anda bisa mengonsumsi beberapa biji tamar, atau menggantinya dengan beberapa teguk air putih.

3.    Membaca Doa Berbuka Puasa

Sebelum berbuka puasa, sebaiknya Anda membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Adapun doa yang harus Anda baca adalah “Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin”

4.    Berdoa Setelah Berbuka

Biasanya, setelah makan saat berbuka puasa kita juga disunnahkan untuk membaca doa setelah makan. Doa yang biasa dibaca oleh Nabi Muhammad adalah berikut ini “Alhamdulillahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin”. Tak hanya doa di atas, Anda juga diperkenankan hanya membaca kalimat “Alhamdulillah” saja setelah makan.

5.    Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Begitu juga dengan orang yang memberi makan kepada orang yang berpuasa juga akan diberikan kemuliaan dan pahala berlipat ganda. Nabi Muhammad mengatakan kepada para sahabat, betapa memiliki banyak kemuliaan termasuk pahala meskipun hanya memberikan seteguk air.

6.    Jangan Berlebihan

Nabi Muhammad tidak pernah berlebihan dalam makan termasuk saat berbuka puasa. Porsi makan yang baik menurut Nabi Muhammad adalah sepertiga berisi makan, sepertiga air dan sepertiga sisanya berisi udara. Maka dari itu, saat berbuka puasa sebaiknya Anda makan secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Itulah doa dan adab berbuka puasa. Anda bisa melakukan adab-adab berbuka puasa di atas untuk mendapatkan pahala saat bulan ramadhan. Nah, jika ingin membaca artikel islami Anda juga bisa mengunjungi website Orami.