Kelebihan dan Kekurangan Taksonomi Bloom

February 6, 2021 by No Comments

Dalam bidang pengajaran tentu tidak asing mendengar taksonomi bloom. Kata taksonomi berasal dari kata “tassein” dalam bahasa Yunani dan memiliki arti mengelompokkan. Sedangkan nomi sendiri berasal dari kata “nomos” yang dalam bahasa yunani artinya aturan.

Pengertian Taksonomi Bloom Dalam Bidang Ajar

Dalam konsep mengajar taksonomi memiliki arti pengelompokan untuk membentuk sebuah kemampuan dari level terendah hingga tertinggi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tujuan dari taksonomi bloom yaitu menyetarakan level untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kategori Taksonomi Bloom Untuk Meningkatkan Kemampuan

Taksonomi memiliki kategori pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dari level terendah hingga tertinggi. Kategori tersebut terbagi menjadi 3 yaitu :

  • Domain Kognitif

Untuk meningkatkan domain kognitif, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Masing-masing tahapan memiliki fungsi dan tujuan yang saling berkaitan. Berikut ini 6 tahapan yang harus dilalui agar dapat meningkatkan kemampuan :

  • Pengetahuan

Pada bagian ini seseorang diharapkan mampu mengingat materi yang diberikan.

  • Pemahaman

Pada bagian pemahaman, seseorang diharapkan mampu untuk menulis kembali informasi atau materi yang diperoleh. Jika seseorang berada pada level pemahaman, maka orang tersebut mampu menuliskan kembali materi dengan bahasa sendiri dan tetap sesuai dengan acuan materi yang diperoleh.

  • Aplikasi

Untuk tahap aplikasi adalah tahapan seseorang untuk dapat melakukan sesuatu yang nyata sesuai materi yang diperoleh sebagai bentuk kesiapan kemampuan yang meningkat.

  • Analisis

Setelah seseorang mampu untuk melakukan sesuatu hal sesuai materi, diharapkan orang tersebut mampu untuk melakukan analisa sesuai kemampuan yang dimiliki. Orang yang telah memiliki kemampuan pada level ini mampu bekerja lebih baik lagi, karena mampu menganalisa kekurangan dari pekerjaan yang dilakukan atau yang ada di sekelilingnya.

  • Evaluasi

Evaluasi merupakan bentuk peningkatan kemampuan setelah mampu untuk melakukan analisa. Sebagai contoh jika seseorang mampu melakukan analisa keuangan, maka orang tersebut mampu melakukan evaluasi sehingga mengerti keuangan tersebut benar atau tidak.

  • Menciptakan

Jika seseorang sudah berada pada tahap menciptakan, berarti orang tersebut sudah mampu untuk melakukan evaluasi. Sebagai contoh adalah jika orang tersebut melakukan evaluasi dari laporan keuangan dan ditemukan adanya kekurangan.

Maka orang tersebut akan mampu menciptakan bentuk laporan keuangan yang terbaik agar tidak lagi ditemukan adanya kekurangan atau kesalahan. Evaluasi adalah akhir dari tahapan kemampuan dalam ranah Kognitif.

  • Domain Afektif

Domain afektif meliputi 5 tahapan yaitu :

  1. Penerimaan
  2. Tanggapan
  3. Penghargaan berdasarkan nilai tertentu
  4. Organisasi
  5. Karakter berdasarkan nilai tertentu
  6. Domain Psikomotor

Pada domain psikomotor ada 7 tahapan yang harus dilalui yaitu :

  1. Persepsi
  2. Kesiapan
  3. Respon
  4. Mekanisme
  5. Respon Kompleks
  6. Adaptasi
  7. Penciptaan

Kelebihan dan Kekurangan Taksonomi Bloom

Dari konsep yang ada ternyata ada kelebihan dan kekurangan, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari sistem taksonomi :

  1. Kelebihan
  2. Proses pembelajaran atau peningkatan kemampuan menjadi efisien
  3. Membentuk kemampuan kognitif lebih baik
  4. Membentuk kemampuan afektif lebih baik
  5. Membentuk kemampuan motorik lebih baik
  6. Landasan yang tepat dan mudah untuk menciptakan strategi pengajaran yang lebih baik
  7. Berdasarkan hal nyata dan melalui sebuah penelitian
  8. Kekurangan
  9. Belum semua mengerti mengenai konsep ini
  10. Belum diterapkan secara menyeluruh
  11. Banyak klasifikasi
  12. Penerapan belum maksimal
  13. Media pendukung belum sepenuhnya ada

Itulah tadi informasi mengenai konsep taksonomi bloom dalam pendidikan di Indonesia beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat bagi seluruh tenaga pengajar di Indonesia agar menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik lagi.